Selasa, 12 Juni 2012

sejarah berdirinya PSIK Universitas Sam-Ratulangi Manado

A. SEJARAH PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS SAM RATULANGI
Berdasarkan hasil lokakarya pada tanggal 10 Juli 2004 telah menyepakati pembentukan kelompok kerja persiapan dan kesiapan pendirian Program Studi Ilmu Keperawatan di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado yang diarahkan oleh Bapak Prof. Ma’rifin Husin. Dari hasil kesepakatan pada lokakarya ini kemudian pada tanggal 16 Agustus 2004 dilakukan rapat kerja I tentang Penyusunan Kurikulum Pendidkan Program Pendidikan Ners Universitas Sam Ratulangi Manado dengan pembicara Bapak Prof. Ma’rifin Husin, Ibu Achir Yani Hamid, DN.Sc, Ibu. Dra. Junaiti Sahar, S.Kep, M.App.SC, PhD, dan Ibu Johana Kawonal CVRN serta tim kelompok kerja dari Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Unsrat. Adapun hasil yang disepakati dari raker I ini adalah dengan menyusun kurikulum untuk program Ners A dan Ners B.
Pada tanggal 11-12 Oktober 2004 telah dilaksanakan rapat kerja II tentang rencana strategi persiapan pembukaan Program Pendidikan Ners Universitas Sam Ratulangi Manado yang dihadiri oleh Bapak Prof. Ma’rifin Husin, Ibu Dewi Irawaty,MA dan tim kelompok kerja PSIK FK UNSRAT. Hasil yang dicapai oleh tim kerja keperawatan adalah telah menyusun laporan rencana pengembangan jangka panjang, rencana pengembangan jangka menengah, dan rencana pengembangan jangka pendek.
Hasil yang dicapai dalam rapat kerja III Program Studi Ilmu Keperawatan yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Oktober 2004 dan rapat kerja IV yang dilaksanakan pada tanggal 8-9 November 2004 adalah dalam rangka upaya persiapan menyusun dan mempersiapkan seluruh persyaratan minimal yang diperlukan sebagai salah satu syarat visitasi untuk institusi. Kesiapan Tim Pokja PSIK UNSRAT Manado tersebut berkat bimbingan, pengarahan dan asistensi dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia serta bantuan yang sangat berharga dari Bapak Prof. Ma’rifin Husin, MSc dari Komisi Disiplin Ilmu Kesehatan (KDIK).
Rapat kerja III dan IV ini merupakan tindak lanjut dari rapat kerja II khususnya, untuk lebih menyempurnakan program pengembangan jangka pendek. Tim Pokja Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas sam ratulangi manado pada pertemuan kerja II telah berhasil menyusun sebagian besar materi yang seharusnya. Oleh karena itu dalam raker tersebut tim pokja PSIK lebih memfokuskan diri untuk menyempurnakan dan mempertajam program pengembangan jangka pendek sehingga semua persyaratan minimal agar PSIK dapat dibuka sudah terpenuhi. Untuk itu, Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sam Ratulangi Manado siap untuk divasitasi institusi dalam waktu yang tidak terlalu lama. Diharapkan dalam waktu dekat ijin pembukaan Program Studi Ilmu Keperawatan Unsrat sudah dapat diterima, sehingga pada tahun ajaran baru tahun 2005 sudah dapat menerima mahasiswa baru.
B. Struktur Organisasi
Program Studi Ilmu Keperawatan sebagai salah satu program studi bernaung di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi yang memiliki susunan organisasi fakultas yang mengacu kepada statuta Universitas Sam Ratulangi seperti struktur di bawah ini:
Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, kewenangan dan tanggung jawab masih terletak pada dekan, sedangkan Program Studi Ilmu Keperawatan merupakan bagian yang bertanggung jawab melaksanakan kegiatan akademik pada program studinya. Dalam menjalankan kegiatan akademis program studi mempunyai otonomi penuh.
  
  
C. VISI
           Menjadikan Program studi Ilmu Keperawatan FK UNSRAT sebagai institusi pendidikan keperawatan yang memiliki komitmen penuh pada pelayanan keperawatan yang professional, pengembangan ilmu keperawatan dan penelitian dengan menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang professional dan diakui secara internasional, mampu berkompetisi di pasar lokal, regional, bahkan internasional.
D. MISI
1.      Membentuk manusia seutuhnya yang berjiwa pancasila, sehat jasmani dan rohani, memiliki kepribadian yang mantap, cerdas dan berbudi pekerti luhur, mencintai dan menghargai sesame manusia, bersikap demokrasi, memiliki pengetahuan dan keterampilan, creatif, kritis, maupun kerjasama, bertanggung jawab terhadap masa depan bangsa dan negara dalam rangka melaksanakan tri darma perguruan tnggi.
2.  Menjadikan PSIK FK UNSRAT Manado sebagai pusat ilmu pengetahuan, tehknologi di bidang keperawatan, kegiatan peneliian dan pengabdian kepada masyarakat, mengkaji dan memanfaatkan sumberdaya dan potensi yang ada di wilayah nusantara dan kawasan spesifik sesuai pola ilmiah pokok PSIK FK UNSRAT, dan kebutuhan pembangunan sekarang dan masa depan.
3.    Mendidik mahasiswa agar mampu menguasai IPTEK di bidang keperawatan berjiwa penuh pengertian serta memiliki tanggung jawab besar terhadap masa depan bangsa dan negara Indonesia dalam rangka tri darma perguruan tinggi.
4.   Mengembangkan tata kehidupan kampus sebagai masyarakat ilmiah yang berbudaya, bermoral pancasila, dan berkepribadian Indonesia.
5.      Pusat pengembangan keperawatan geoentik sebagai bentuk tuntutan masa depan ditandai meningkatnya umur, harapan hidup yang berdampak pada peningkatan masalah masalah keperawatan pada lanjut usia.
E. 
E. TUJUAN
1.      Menyediakan tenaga kesehatan khususnya tenaga perawat yang professional baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
2.      Menunjang program atau kebijakan pemerintah dalam hal menciptakan dan   menghasilkan SDM Indonesia yang sehat produktif, sehingga dapat menghantarkan setiap penduduk memiliki status kesehatan yang baik.
F. Tata Kelola
Penyelenggaraan Program Studi Keperawatan FK UNSRAT berdasarkan ijin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No. 2824/D/T/2006 tanggal 31 Juli 2006.
Adapun susunan staf pengelola Pogram Studi Ilmu Keperawatan FK Unsrat tahun 2011 adalah sebagai berikut :
             No
Nama
Jabatan
1
      1.             Prof. Dr. dr. S. M. Warouw, SpA (K)
Penanggung Jawab
2
      2.             Dr. dr. Nelly Mayulu, Msi
Ketua Program Studi
3
      3.             Jeavery S. Bawotong, S.Kep
Sekretaris Program Studi
4
      4.             Herman Warouw, SKM, M.Kep
Kood. Bid. Akademik
5
      5.             Ns. Adeleida Kaawoan, S.Kep
Bid. Kurikulum
6
      6.             Ns. Sefti Rompas, S.Kep
7
      7.             Ns. A. Yudi Ismanto, S.Kep, M.Kep
Bid. Evaluasi & Penilaian
8
      8.             Ns. Rivelino Hamel, S.Kep

9
      9.             Pricillia Saluy, MSn
Penanggung Jawab Perpustakaan
10
      10.           Ns.Linnie Pondaag, S.Kep
Penanggung Jawab Lab. Keperawatan
11
      11.           Ns. Sisfiani Sarimin, S.Kep
Koord. Bidan Program Profesi
12
      12.           Ns. Agnes Madianung, S.Kep
Anggota Bidang Profesi
13
      13.           Ns. Rina Kundre, S.Kep
14
      14.           Ns. Vivi S. Mampuk, S.Kep
15
      15.           Ns. Hendro Bidjuni, S.Kep
Koord. Bid. Kemahasiswaan
16
      16.           Ns. Rolly Rondonuwu, S.Kep
Anggota Bid. Kemahasiswaan
17
      17.           Egris Bawotong
Administrasi Umum
18
      18.           Inggrid Gandey, S.Sos
Anggota Administrasi Umum
19
      19.           Dorothea Waworuntu
Administrasi Keuangan
20
      20.           Steven Rahasia
Keamanaan/Kebersihan
 G. FOTO- FOTO GEDUNG PRSIK FK UNSRAT
 


1 komentar: